KANDUNGAN DAN 36 MANFAAT DARI DAUN SIRSAK



Selamat sore sobat blogger, pada kesempatan sore ini saya akan memberikan beberapa manfaat daun sirsak atau kalau di daerah saya namanya NANGKLI. Sebelum saya paparkan beberapa manfaat dari daun sirsak mari kita mengenal apa sih daun sirsak itu dan apa aja kandungan di dalamnya?
Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging yang tebal yang mengandung serat vitamin C yang tinggi.
Menurut beberapa penelitihan sirsak mengandung Zat antioksidan yang tinggi sehingga bila seseorang rutin mengosumsi buah sirsak ini maka daya tahan tubuh juga akan tinggi dan tidak akan mudah terserang penyakit.
Selain buahnya ternyata daun sirsak juga memiliki manfaat yang cukup banyak karena sirsak juga banyak mengandung bahan-bahan yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.
Manfaat daun sirsak di Indonesia sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Beberapa bahan dan kandungan yang terdapat dalam daun sirsa meliputi :
1. Serat
2. Kalium
3. Air
4. Kalium dan Fosfor
5. Vitamin C
6. Karbohidrat
7. Lemak
8. lactones
9. Annohexocina
10. Annomuricina A, B, C dan E
11. Annomutacina
12. Annopentocinas A, B dan C
13. Muricoreacina
14. Gigantetronemina
15. Murihexocina A dan C
16. Javoricina
17. Isoquinoline
18. Anonaine
19. Anoniine
20. Atherospermine
21. Coreximine
22. Lipid
23.Asam Gentisic
24.Asam Lignoceric
25.CLA
26. asam stearate

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ada banyak sekali yang harus terutama khasiatnya untuk kanker, diabetes, dan sebagai obat asam urat. Tercatat tidak kurang dari 7 manfaat yang sudah teruji dari daun sirsak untuk kesehatan, berikut di antaranya.

1. Dapat mengobati Asam Urat
Akhir-akhir ini banyak sekali pengobatan alternatif memanfaaatkan daun sirsak untuk mengobati asam urat. Cara penggunaanya yaitu dengan membersihkan daun sirsak yang telah tua sebanyak 5 sampai 10 helai kemudian daun tersebut dicuci sampai bersih.
Langkah selanjutnya silahkan potong daun sirsak dalam satu helai daun potong menjadi 3 atau 4 bagian, hal ini bertujuan agar kandungan daun sirsak benar-benar keluar dari daun. Kemudian rebus daun yang telah dipotong tersebut dengan menggunakan 2 gelas air.
Rebus air tersebut hingga menjadi 1 gelas. Minumlah hasil rebusan 2 kali sehari yaitu pagi dan malam.
2. Dapat Mengobati Kangker
Dengan banyaknya kandungannya, daun sirsak ternyata juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat kagker yang sangat mujarab, dengan cara : Ambil sekitar 10 helai daun sirsak kemudia rebus dengan menggunakan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas. Minumlah air rebusan dalam keadaan hangat 2 kali dalam sehari selama 2 minggu berturut-turut.
3. Dapat mengobati Eksim dan Rematik.
Caranya : ambil beberapa helai daun sirsak kemudia tumbuh hingga halus, kemudiaan temple atau oleskan pada bagian yang eksim atau rematik. Lakukan hal yang sama secara rutin agar penyakit cepat sembuh sekitar 2 kali dalam 1 hari.
4. Dapat mengobati Wasir
Penderita wasir haruslah rajin megkosumsi daun sirsak karena daun ini diketahui sangat ampuh dalam megoabati yang namanya wasir.
Caranya ; Minumlah hasil rebusan daun sirsak 1 kali sehari. Lakukan hal ini rutin tiap hari hingga penyakit yang anda alami benar-benar sembuh. Jika anda penderita wasir jangan makan makanan yang pedas dan asam karena hal tersebut akan memperparah penyakit wasir anda.
5. Dapat menghilangan Bisul
Bisum merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dikenal sebagai penyakit yang sangat nyeri selain itu bisul juga dapat tumbuh disembarang tempat.
Untuk menghilankan bisul anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Dengan cara : ambil 1 helai daun sirsak yang masih muda dan kemudian tempelkan daun tersebut pada bagian yang tumbuh bisul, biarkan daun tersebut hingga bisul mongering.
6. Dapat mengobati batuk ringan
Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak diketahui dapat mengobati batuk ringan, yaitu dengan cara : ambil 5 helai daun sirsak yang masih muda.
Kemudian tumbuk atau anda bisa meremasnya, lalu masukan ke segelas air putih. Saring air tersebut dan minumlah secara teratur 2 kali dalam sehari hingga batuk reda.
7. Dapat mengobati Asma
Caranya cukup mudah, yaitu ambil 5 atau 6 helai daun sirsak yang digunakan sarang oleh semut rangrang, kemudian remas dan masukan kedalam air. Lalu minum airnya secara rutin 2 kali dalam sehari pagi dan malam, minumlah ½ gelas saja.
8. Menghilangkan Kutu Rambut
Banyak sekali produk yang ditawarkan dipasaran untuk menghilangkan kutu dirambut. Namuan kebanyak bahan dari produk tersebut adalah bahan kimia yang malah berbahaya bagi kulit kepala kita.
Cara yang teat yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti memanfaatkan daun sirsak untuk menghilangkan kutu. Caranya : rebuslah beberaapa helai daun sirsak kemudian hasil dari rebusan ini gunakan untuk keramas. Lakukanlah setiap hari samapi kutu benar-benar bersih.
9. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vit c yang tinggi didaun sirsak dapat meningkatkan kekebalan tuuh, caranya yaitu ambil 4 hingga 6 helai daun sirsak kemudia rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Bila mendidih biarkan hingga air menjadi 1 gelas. Kemudian minumlah hangat-hangat 1 kali dalam sehari, sebaiknya diminum dimalam hari.
10. Menghilangkan komedo dan jerawat
Komedo dan jerawat adalah sesuatu hal yang sangat tidak enak dirasakan oleh siapa saja, karena ddapat berpengaruh terhadap penampilan kita.
11. Membasmi diabetes
Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.
Cara Penggunaan:
1. Ambil 2-5 helai daun sirsak
2. Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri)
3. Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas
4. Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.
5. Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.
6. Lakukan secara rutin 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah anda.
12. Mengatasi komedo
Caranya : ambil daun sirsak yag masih muda kemudian haluskan. Oleskan pada bagian yang terdapat komedo dan jeraawat. Lakukan hal ini secara rutin hingga komedo dan jerawat bersih dari kulit anda.

Manfaat daun sirsak juga banyak digunakan sebagai obat, zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dalam memerangi dan menjadi bahan obat. Berikut adalah daftar khasiat yang diberikan sirsak dalam efeknya sebagai obat.
12. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
13. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
14. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
15. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
16. Antiparasit:Untuk Menghambat perkembangan parasit
17. Antimalaria: Mencegah malaria
18. Antileishmania: Antileishmania
19. Antikonfulsan: antikonvulsan
20. Astrigen:Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
21. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
22. Analgesik:Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
23. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
24. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
25. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
26. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
27. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
28. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
29. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
30. Obat penenang: Zat yang menenangkan
31. Stomakik:Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
32. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
33. Vermifuge:Zat yang dapat membunuh cacing usus
34. Diuretik: The emetik dari aurine
35. Penenang: Zat yang menenangkan
36. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos


Tips Memanfaatkan Daun Sirsak
Jika anda menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan ada baiknya mengikuti beberapa tips yang kami rangkum berikut ini.
1. Bersihkan daun. Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
2. Jangan konsumsi terlalu berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.
3. Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Pastikan anda melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.

Dengan begitu banyak manfaat daun sirsak kita bisa memanfaatkannya dnegan baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kita tana harus mengeluarkan dana yang besar.
Bila anda menggunakan obat kimia untuk kesehatan dan kecantikan berhati-hatilah karena saat ini banyak sekali produk tipuan. Alangkah baiknya sebelum mengkosumsi dan menggunakan bahan kimia konsultasikan terlebih dahu dengan dokter ahli.
Sekian postingan saya pada sore hari ini. Semoga membantu teman-teman yang lagi mencari apa aja kandungan dan manfaat dari daun sirsak.


0 Response to "KANDUNGAN DAN 36 MANFAAT DARI DAUN SIRSAK"