13 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

Pada zaman modern ini, sudah banyak sekali teknologi canggih yang makin berkembang dan keberadaannya telah beredar pada masyarakat luas. Hal itu menyebabkan banyak orang yang tidak bisa lepas dengan teknologi, khususnya bagi orang-orang yang bekerja di kantor, seorang penulis dan orang-orang yang hobi berinternet. Kebiasaan yang terlalu lama menghabiskan waktu dengan gadget canggih, seperti laptop dan komputer akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.
Mata seseorang akan mengalami penurunan kualitasnya apabila sering digunakan. Salah satu contohnya, ketika kita sering menggunakan mata untuk melihat ke layar komputer. Apabila kita sering melakukan hal itu, maka cepat atau lambat mata akan mengalami gangguan.
Berikut tips agar mata sehat saat bekerja di depan komputer.
1. Atur kecerahan layar monitor
Penting untuk mengatur kecerahan layar monitor agar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan sakit.
2. Gunakan screen protector
Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer.
3. Atur jarak pandang
Idealnya, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit.
4. Mengistirahatkan mata secara berkala
Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika Anda membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat.
5. Alihkan perhatian sejenak
Menggunakan komputer akan membuat mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa saat untuk memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah.
6. Atur Posisi Tubuh
Usahakan tubuh tetap berada dalam posisi yang benar, yaitu posisi duduk dengan punggung tegak, bahu tetap rileks serta menjaga jarak mata dengan layar laptop atau komputer. Istirahatkan jemari tangan setelah lama mengetik.

7. Gerakkan Bagian Tubuh
Untuk menghindari rasa kram pada leher, tangan, dan kaki, sangat disarankan untuk sesekali memutar leher, meregangkan jemari kaki dan tangan setelah berada lama di depan layar laptop maupun komputer.

8. Batasi Waktu Penggunaan
Gunakan jeda waktu pada saat menggunakan laptop atau komputer. Jeda waktu yang ideal yaitu dengan mengistirahatkan 15 menit setelah digunakan selama 45 menit.

9. Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal
Jika sering menggunakan laptop di rumah dengan durasi yang cukup lama, sebaiknya letakkan laptop di atas meja yang telah didesain khusus untuk menyambungkan mouse dan keyboard eksternal yang ada di laptop. Hal itu bertujuan untuk menjaga posisi tubuh dan posisi duduk

10. Jaga Pola Makan
Orang yang terlalu lama menghabiskan waktunya di depan layar laptop atau komputer, cenderung akan mengalami pertambahan berat badan yang drastis karena pola makan yang salah dengan sering ngemil saat menghabiskan waktunya di depan layar.

11. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata.
12. Berolahraga Pagi
Saat menghabiskan banyak waktu di depan layar laptop atau komputer membuat tubuh jarang sekali bergerak. Hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan olahraga di pagi atau di sore hari.

13. Lakukan tes mata secara berkala
Ini juga tak kalah penting. Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata akan segera mendapat penanganan.

Terkadang kecanggihan teknologi yang kian berkembang di sekitar kita membuat lupa dan membuat manusia semakin malas serta semakin tergantung dengan kecanggihan teknologi. Padahal sebagai manusia kita juga diharuskan untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Semoga artikel mengenai tips sehat bekerja di depan komputer ini bermanfaat bagi kita semua Amin.

0 Response to "13 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer"