16 Tips Mengatasi Sulit Tidur



Penyebab insomnia umumnya berupa stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum obat atau pengaruh obat tertentu dan sebagainya. Meski mungkin banyak yang menganggap tidur masalah sepele, jika sudah menjadi gangguan, kesulitan tidur ini bisa berbahaya. Mereka yang kurang tidur sudah jelas memengaruhi kesehatannya. Selain itu, tidur sebenarnya juga obat. Oleh karena itu, jika sulit tidur harus dicarikan solusinya. Apalagi, ada kecenderungan jumlah penderita gejala ini makin lama makin banyak.
Jika Anda termasuk salah satu orang yang biasa mengalami masalah susah tidur ini, Anda jangan khawatir. Anda bisa mencoba 16 langkah sederhana untuk mengatasi masalah sulit tidur malam hari berikut ini:
1. Kebersihan
Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat Anda merasa nyaman sehingga dapat tidur nyenyak
2. Waktu tidur
Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal itu, agar pola tidur Anda normal kembali. Hindari tidur siang yang dapat membuat malam Anda menjadi susah untuk tidur.
3. Buat fisik jadi lelah
Cobalah melakukan olah raga di siang atau sore hari agar fisik Anda lebih lelah. Hal ini dapat memudahkan istirahat/tidur.
4. Hindari Minuman berkafein
Hentikan kebiasaan minum minuman yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari saat akan tidur.
5. Hentikan Minum Alkohol
Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali.
6. Minuman hangat
Minumlah minuman yang hangat pada saat jam menjelang tidur. Hal ini akan membuat tubuh anda lebih nyaman.
7. Makan secukupnya
Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena itu akan membuat perut merespon secara tidak normal.
8. Berhenti beraktifitas
Berhentilah beraktifitas yang menguras tenaga dan fikiransetidaknya satu jam sebelum jam tidur.
9. Rapikan kamar
Kamar yang rapi akan menyebabkan pikiran tidak berantakan, gangguan pikiran berkurang, dan memudahkan relaksasi.
10. Kurangi cahaya
Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak, bahkan jika diperlukan matikan lampunya agar kamar jadi gelap. Karena itu blokir semua sumber cahaya.
11. Jangan menggunakan obat tidur
Jangan gunakan obat tidur apalagi jika tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resistan. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka akan kembali insomnia.
12. Pilih warna kamar yang tepat
Gejala sulit tidur cara mengatasinya bisa dilakukan dengan mengganti warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna memengaruhi psikologi orang.
13. Pilih kasur yang sesuai
Mungkin tak disadari bahwa gangguan itu terjadi setelah membeli kasur baru. Karena itu saat membeli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tidak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal
14. Pindahkan jam
Keberadaan jam itu bisa mengganggu tidur. Misalnya, bunyi tik-tik-tik di kesunyian malam, bisa saja jadi gangguan. Karena itu pindahkan jam dinding, ganti dengan jam meja yang lebih kecil dan bisa distel alarm-nya jika kita butuh diingatkan untuk bangun.
15. Matikan Alat elektronik
Kita memiliki telepon seluler di mana kita tak bisa mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski bunyi nada panggil sudah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu bisa mengganggu. Karena itu, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan mengganggu kita tidur.
16. Kesegaran udara
Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Karena itu buka jendela secara berkala untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar.


Jika dengan menggunakan kiat ringan itu gejala sulit tidur masih mengganggu, berarti kita perlu tindakan lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran memadai agar kita secepatnya bisa terhindar dari gangguan ini.

0 Response to "16 Tips Mengatasi Sulit Tidur"