25 Manfaat Air Buah Kelapa Hijau

Kelapa merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemui di Indonesia dan secara keseluruhan dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan. Seseorang yang mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan akan terhindar dari serangan penyakit ringan.
Air kelapa hijau merupakan minuman isotonik alami yang amat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah kita. Air kelapa banyak dikonsumsi secara langsung. Namun ada hal yang perlu diperhatikan berhubungan dengan air kelapa. Sekali terkena udara, air kelapa dapat cepat kehilangan kadar organ oleptik dan nutrisi serta dapat menyebabkan sistem permentasi. Oleh sebab itu, sebaiknya sehabis mengupas buah kelapa, maka segeralah mengkonsumi air kelapa tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari air kelapa hijau.
1. Mencegah dehidrasi
Karena Kesamaan air kelapa hijau dengan cairan tubuh kita membuatnya dapat dengan mudah diserap oleh butuh sekaligus dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa dapat mempertahankan tingkat cairan tubuh dan kandungan potasium yang membantu menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Elektrolit dalam air kelapa hijau juga dibutuhkan untuk kontraksi otot yang tepat dan menghasilkan energi. Kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat mencegah hipertensi.
2. Penambah energi dalam tubuh
Air kelapa hijau memiliki efek normalisasi dan memberikan tambahan energi bagi tubuh sehingga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Nah untuk itu bagi anda yang memiliki aktifitas berat dan membutuhkan energi lebih tidak ada salahnya menggunakan air kelapa sebagai minuman penambah energi alami.
3. Pengobatan kekurangan gizi
Mineral utama atau elektrolit dalam air kelapa hijau diketahui sama dengan yang ditemukan dalam darah manusia. Sejumlah penelitian yang dilakukan selama rentan waktu 60 tahun mendokumentasikan keberhasilan penggunaan air kelapa hijau dalam pengobatan kekurangan gizi dan dehidrasi.
4. Menjaga kesehatan Jantung dan ginjal
Air kelapa hijau memiliki manfaat untuk Mengurangi resiko hipertensi dan stroke sekaligus membantu mencegah atau mengatasi batu ginjal.
5. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan air kelapa hijau yanmg mampu mengurangi racun dapat mengurai sampah atau kotoran juga, yang nantinya akan memudahkan untuk buang air besar dan akan melancarkan sistem pencernaan.
6. Mendukung fungsi sistem imun
Kandungan asam laurat yang berupa anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus dalam air kelapa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi sekaligus membantu memberantas cacingan dan candida.
7. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Air kelapa segar mengandung enzim yang membantu untuk detoksifikasi dan memperbaiki tubuh.
8. Membantu menangkal Radikal Bebas
Air kelapa mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Usahakan anda memilih air kelapa murni yang langsung dari buahnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih, usahakan hindari beberapa produk olahan air kelapa yang mungkin sudah tercampur oleh bahan kimia yang dapat mengurangi manfaat air kelapa.
9. Membantu menstabilkan tekanan darah
Salah satu manfaat dari air kelapa adalah membantu mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium, yang keduanya membantu untuk menurunkan tekanan darah anda secara alami.
10. Dapat menteralisi Racun Dalam Tubuh
Kandungan antidotum (anti racun) dan tanin yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi, hal ini yang menyebabkan air kelapa hijau mampu mengurangi zat racun yang masuk ke dalam tubuh.
11. Mengatasi Migrain
Air kelapa hijau memiliki manfaat untuk mencegah migrain karena kandungan magnesium yang dimilikinya. Daripada anda harus mengkonsumsi suplemen magnesium yang tubuh Anda mungkin tidak mampu menyerap dengan baik, Anda dapat minum minuman seperti air kelapa yang jauh lebih alami dan tubuh dapat memanfaatkan nutrisi yang ditemukan di dalamnya.
12. Membantu menurunkan berat badan
Salah satu manfaat lain dari air kelapa hijau adalah kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka dapat menyimpan lebih sedikit lemak dalam tubuh anda. Karena kandungan gula, kalori dan lemak dalam air kelapa sangat rendah. Jadi, air kelapa sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badannya dengan cara yang aman tanpa memberikan efek samping.
13. Mengatasi rambut rontok
Belum banyak yang mengetahui bahwa air kelapa hijau berguna juga untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan glukosa, asam amino, fruktosa, sakarosa, mineral, dan sukrosa dapat membantu mengatasi rambut rontok akibat ketombe. Penggunaan air kelapa sebagai obat mengatasi rambut rontok yaitu dengan cara campurkan garam kedalam air kelapa hijau lalu diamkan semalaman. Setelah semalaman didiamkan, maka usapkan pada kepala dari kulit kepala hingga ujung rambut dan pijat pijat sebentar. Setelah itu bungkus dengan handuk dan diamkan semalaman dan bilas dengan hair hangat keesokan harinya.
14. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik
Yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
15. Sebagai obat luka
Telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
16. Obat Demam
Pertolongan pertama pada demam dapat menggunakan kelapa sebagai alternatif untuk mengatasi demam selain kompres air hangat.segelas air kelapa dicampur dengan madu 1 sendok kemudian diaduk rata. Dosis: Dewasa sebaiknya diminum 2 kali sehari pagi dan sore, Balita/Anak sebaiknya minum 1/2 cangkir teh saja .
17. Obat Cacingan
Kelapa sangat baik untuk mengobati cacingan pada anakmaupun dewasa khususnya cacing kremi,selain aman juga diyakini manjur.caranya juga sangat mudah cukup ambil 1/4 butir kelapa yang diparut dengan wortel.air perasan dari parutan wortel diminum menjelang tidur malam.
18. Obat Panas Dalam
Menderita panas dalam memang sangat menggangu,biasanya jika kita terkena panas dalam pasti akan muncul berbagai keluhan misalnya sariawan,bibir pecah-pecah,sakit tenggorokan.ternyata kelapa bisa mengobati permasalahan seperti ini,cukup dengan air kelapa hijau dan telur ayam kampung yang dicampur jadi satu dan diminum pada siang hari.
19. Menjaga kadar kolesterol
Untuk Anda yang mempunyai masalah pada kadar kolesterol yang tinggi, maka Anda dapat mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin. Kandungan lemak yang rendah pada air kelapa hijau di percaya dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita.
20. Menyembuhkan alergi pada kulit
Beberapa alergi kulit terjadi karena adanya virus, bakteri, atau pun jamur. Air kelapa hijau yang mempunyai sifat mengurai virus, bakteri, dan jamur dapat membantu menyembuhkan alergi pada kulit Anda.
21. Bermanfaat untuk Ibu Hamil dan Janinnya
Air kelapa hijau bermafaat sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dam janin, karena mengandung
22. Meningkatkan kadar HDL dalam darah
HDL merupakan kolesterol baik yang di butuhkan oleh tubuh kita, air kelapa hijau mempunyai manfaat dalam meningkatkan kadar HDL.
23. Meningkatkan vitalitas pada pria
Dengan konsumsi teratur air kelapa hijau mampu meingkatkan vitalitas pada pria,apalagi jika pria tersebut tidak merokok.
24. Membuat kulit menjadi halus
Vitamin yang terdapat pada air kelapa muda ternyata mampu meningkatkan jaringan kolagen pada kulit.
25. Mampu menghancurkan batu empedu
Biasanya penyakit yang berada dalam kantung empedu ini, membuat si penderita mengalami sakit yang cukup parah, dan bahkan jalan yang sering di tawarkan oleh seorang dokter ialah Operasi. Tetapi konon katanya Air kelapa hijau mampu mengancurkan batu empedu dan membantu mengeluarkannya juga.
Suatu penelitian pernah di lakukan pada pasien yang mempunyai batu ginjal.Ternyata air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini dapat mengeluarkan batu ginjal pada pasien tersebut. Tentunya batu tersebut berukuran sangat kecil, terang dr. Peddy. Tapi jika batunya sudah lebih besar dari saluran kencing, air kelapa tidak bisa Anda andalkan.
Berikut cara yang tepat dalam mengolah air kelapa hijau sebagai obat untuk batu empedu :
Untuk satu kali pemakaian di butuhkan 1 buah kelapa hijau, lubangi bagian atas nya sekitar 3- 5 cm, setelah itu bakar kelapa hijau ini, dengan posisi yang sudah di lubangi di atas, dan pastikan agar tidak tumpah.
Setelah airnya cukup mendidih, angkat kelapa hijau itu dan dinginkan, jangan sampai tumpah.

Untuk konsumsi di anjurkan sebelum tidur dan dalam keadaan dingin (jangan di simpan di lemari es) Dan juga minum langsung dalam batok kelapanya jangan di tuang dalam gelas. Lakukan secara rutin minimal 1 kali setiap hari dalam seminggu.

0 Response to "25 Manfaat Air Buah Kelapa Hijau"