11 Khasiat Buah Jambu Air untuk Kesehatan

Sesuai dengan namanya, buah ini terkenal karena memiliki kadar air tinggi serta identik dengan teksturnya yang renyah dengan rasanya yang manis. Buah ini mempunyai banyak sekali variasi yang dibedakan dari ukuran dan warnanya ketika matang.

Ketika musimnya, jambu air mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Rasa dan harganya itulah yang membuat buah ini banyak digemari oleh masyarakat luas, dari anak-anak hingga orang dewasa.
Jambu air kaya akan vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, besi dan kalium. Senyawa organik di dalamnya mengandung jambosine, asam betulinic, dan lakton Friedel. Hal ini mendatangkan beberapa manfaat jambu air seperti berikut:
Manfaat Konsumsi Jambu Air untuk Tubuh
1. Mengontrol Diabetes
Jambosine adalah jenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengembangkan diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang dampak jambosine pada kontrol gula darah.
2. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dari jambu air membuat tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, menghilangkan sembelit seperti yang juga ditemukan dalam jambu biji. Juga sebagai pengobatan tradisional pada bagian bijinya yang telah digunakan untuk mencegah diare dan disentri.
3. Menyehatkan Tulang
Selain buahnya, bijinya juga mempunyai kandungan kalsium dan protein tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. 
4. Mengurangi sakit tenggorokan
Kandungan senyawa aktif di dalamnya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan serta dapat mengurangi adanya rasa kembung di dalam lambung.
5. Memiliki Sumber Antioksidan
Kandungan antioksidan yang terdiri dari kandungan vitamin C berfungsi untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, kandungan tersebut berperan untuk mencegah adanya radikal bebas sehingga peredaran darah menjadi lancar dan dapat terhindar dari proses penuaan dini. 
6. Mengurangi Dehidrasi
Buah ini memiliki kandungan air yang mencapai 80%  sehingga mampu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.
7. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat dan kadar air tinggi mempunyai kemampuan untuk memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Hal tersebut tentunya berguna untuk mengontrol diri supaya mengkonsumsi makanan secara terus-menerus, buah ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. 
8. Pencegahan Kanker
Senyawa organik yang aktif di dalam jambu air yang mengandung vitamin C dan vitamin A, telah dikenal sebagai pengobatan kanker dan pencegahan yang efektif. Penelitian awal dan pengobatan tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, berkurang dengan menambahkan jambu air untuk diet.
9. Detoksifikasi
Selama ratusan tahun, rebusan jambu biji telah digunakan sebagai zat diuretik, yang membantu untuk membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.
10. Menyehatkan Jantung
Kombinasi serat dan nutrisi dalam jambu air telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Dalam studi penelitian yang mengarah ke kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.
11. Meningkatkan Sistem kekebalan
Komponen aktif dan stabil dalam jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal tersebut, dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi, yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi.

Walaupun jambu air mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetap konsumsilah aneka sumber makanan lainnya supaya kebutuhan nutrisi di dalam tubuh menjadi seimbang.

0 Response to "11 Khasiat Buah Jambu Air untuk Kesehatan"