12 Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk



Apakah Anda sudah sering berusaha terus supaya badan Anda gemuk, tapi tak kunjung gemuk juga? Atau, hanya sedikit pertamabahan gemuknya? Apa penyebabnya kenapa badan Anda bisa susah gemuk seperti itu?
Badan yang terlalu kurus harus cepat diatasi, sebelum melakukan perubahan badan ke bentuk yang proposional dan ideal. Banyak cara yang bisa anda lakukan agar memiliki badan ideal dan proporsional. Namun sebelum melakukan hal untuk membuat badan anda proposional, anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab badan kurus kering.

     12   Penyebab badan kurus dan susah gemuk
           1. Stres
Tidak hanya mempengaruhi psikologis, stress kerap berpengaruh pada masalah fisik. Termasuk bisa mempengaruhi kinerja pencernaan.
2.Minumum beralkohol
Sebagaimana yang kita ketahui bersama kandungan yang ada di dalam alkohol tidak bagus untuk kesehatan tubuh
3. Defisiensi mineral
Defisiensi mineral atau kekurang air mineral, salah satu penyabab dari kurus kering. Jadi untuk anda yang ingin memiliki badan yang tidak kurus, usahakan minum air putih minimal 10 liter per hari atau sesuaikan dengan aktifitas.
4. Sering Begadang
Sering begadang pasti akan memiliki badan yang kurus dan susah untuk gemuk. Maka dari itu untuk membuat badan anda lebih berisi, kurangi aktivitas begadang anda.
5. Kurang olahraga
Olaharga merupakan aktivitas yang menyehatkan badan, banyak orang mengetahui manfaat olahrga namun yang disayangkan banyak orang yang males untuk melakukan olahraga. Dan akibatnya orang yang males berolahraga biasanya mempunyai badan yang kurus dan gemuk. Sebab otot-otot yang ada ditubuh tidak pernah digerakkan melalui aktifitas olahraga.
6. Kekurangan nutrisi
Penyebab lain tubuh kurus kering dan susah gemuk, yaitu karena kurangnya kandungan nutrisi yang ada pada tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui bersama nutrisi merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan untuk tubuh, maka dari penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi.
7.      Anda Memang Sudah Cukup Banyak Makan, Tapi Masih Kurang Kalori
Sejatinya, untuk menggemukkan badan, Anda harus memasukkan kalori ke tubuh Anda, melebihi dari kebutuhan kalori tubuh Anda per hari.
8.      Komposisi Makanan yang Anda Makan Kurang Pas
Bisa jadi Anda sudah banyak makan, tapi tetep susah gemuk, karena Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Tidak bisa dinaifkan, supaya berat badan Anda bertambah, otot membesar, dan badan menggemuk, sangat disarankan Anda memakan makanan yang tinggi kalori, yang berprotein tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Seperti halnya daging dada ayam, ikan salmon, dan putih telur.
9.      Banyak Racun di Tubuh Anda yang Belum Dikeluarkan
Kotoran-kotoran yang ada di dalam usus Anda, itu menimbulkan kerak, sehingga tidak sempurnalah penyerapan zat gizi, nutrisi, dan vitamin dari makanan-makanan yang Anda makan. Racun tersebut datangnya dari makanan cepat saji, makanan instant, yang bagaimana pengolahanannya pun masih tanda tanya.
Seperti yang kita ketahui, kalau nutrisi makanan yang kita makan tidak bisa meresap secara sempurna, maka terganggulah pertumbuhan tubuh kita. Makanya meskipun sudah makan banyak, susah untuk gemuk.
10.  Ada Gangguan Metabolisme Pada Tubuh Anda
Kerap orang yang badannya kurus itu, kinerja metabolismenya sangatlah cepat. Sehingga, mau seberapa banyak apapun ia makan, maka makanan-makanannya akan segera dibakar oleh tubuh agar menjadi energi.
Prof dr Bambang Wiratmadi MS, MCN PhD SpGK. Bambang mengatakan, memang salah satu yang membuat seseorang itu dari kurus terus, karena metabolismenya mengalami gangguan.
11.  Anda Masih Muda
Seperti yang dikatakan oleh dr Soebagijo Adi SpPD KMED, “Adalah alami setiap orang bila semakin bertambah usianya, maka metabolisme bakal menurun, sehingga berat badan pun cenderung bertambah. Selain itu proporsi tubuh pun akan berubah, seiring berjalannya waktu.”
12.  Faktor keturunan atau genetika
Ada berapa banyak anggota keluarga Anda yang gemuk?? Kalau hampir tidak ada yang badannya gemuk, bisa jadi itulah penyebab kenapa badan Anda susah gemuk.
Lantaran sangatlah cepat pencernaan pada orang yang kondisinya seperti ini. Atau pada kondisi yang berbeda, usus menyerap hanya sedikit makanan, walaupun ada banyak makanan yang masuk. Mau sebanyak apapun makanan yang Anda makan, namun badan Anda sangat susah untuk gemuk.

0 Response to "12 Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk"