7 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan

Manfaat Buah Langsat - Langsat merupakan nama buah yang sejenis buah duku. Buah ini memiliki nama latin Lansium domesticum. Kulit dari buah langsat tergolong tipis dan selalu mengeluarkan getah putih pada saat masih mentah maupun sudah masak. Rasa buahnya masam manis dan menyegarkan.

Perbedaan Duku dan Langsat
Perbedaannya adalah buah langsat ini rasanya lebih asam dibandingkan dengan buah duku yang memiliki rasa yang manis. Untuk kulitnya, kulit duku lebih tebal dibandingkan kulit dari buah langsat. Ini lah yang menjadi salah satu faktor yang membuat buah langsat tidak dapat bertahan lama pada suhu ruangan. Dalam beberapa hari saja, langsat bisa cepat mengalami pembusukan sedangkan duku akan bertahan lebih lama. Manfaat buah langsat dibandingkan dengan manfaat buah duku tidak kalah banyaknya.

Kandungan Gizi Buah Langsat
Untuk setiap 100 gr mempunyai kandungan sebagai berikut :
Kalori sebanyak 70 kal
Jumlah karbohidrat 13 gr
Mineral hingga 0,7 gr
Protein sejumlah 1 gr
Lemak total 0,2 gr
Kalsium sebanyak 18 mg
Fosfor sampai 9 mg
Kandungan Zat besi sebanyak 0,9 mg

Manfaat Buah Langsat

1. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat atau dietary fiber yang terkandung didalamnya akan membantu tubuh dalam proses pencernaan. Masalah seperti BAB yang tidak teratur juga dapat dibantu teratasi.
2. Buah langsat untuk menyembuhkan gejala demam
Kandungan buahnya yang sangat banyak dipenuhi oleh Vitamin dan beragam nutrisi lainnya menjadikan buah langsat sebagai buah yang juga memilki khasiat untuk menyembuhkan sakit demam. Bagian bunga langsat yang dapat dijadikan sebagai obat untuk yang sedang menderita demam atau panas adalah bagian bijinya. Rasa dari biji langsat memang pait, tapi jangan kawatir. Biji langsat ini dapat digunakan sebagai obat.
Untuk mengolah biji buah langsat menjadi obat panas atau demam adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah biji kering (bisa dioven, dijemur atau disangrai) lalu biji-biji tersebut dapat langsung ditumbuk hingga halus. Setelah itu, biji yang sudah halus tersebut diseduh dengan air hangat.
3. Dapat Mencegah penyakit kanker kolon
Kulit buah langsat adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah kanker kolon. Selain itu juga membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.
4. Menyehatkan kulit
Ekstrak buah langsat adalah salah satu zat yang bisa menghambat enzim tirosinase. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit.
5. Sebagai Obat Nyamuk Alami
Pakar IPB, telah melakukan sebuah uji coba bahwa ternyata kulit langsat bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami. Kita tahu bahwa sekarang ini banyak obat anti nyamuk yang justru tidak bagus bagi kesehatan manusia. Sampai-sampai bisa menyebabkan penyakit seperti infeksi pada saluran pernapasan. Pada kulit langsat memiliki sifat yang basah walaupun rasanya asam manis. Untuk rendaman sebanyak 100 gr kulit langsat ke dalam 50 ml aquadest, pH sekitar 8-9.
6. Mengobati sengatan serangga
Selain buahnya, kulit kayu langsat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat akibat dari sengatan serangga, yaitu seperti penyakit malaria, disentri, dan mengatasi sengatan kalajengking.
7.Manfaat Buah Langsat untuk membantu program diet
Anda sedang menjalani diet? Tambahkan buah langsat sebagai salah satu menu camilan anda. Diet tentu akan membuat anda harus mengkonsumsi banyak buah-buahan yang notabene adalah makanan yang sehat. Menggantikan camilan seperti gorengan dengan buah-buahan seperti langsat akan membantu anda lebih cepat mendapatkan hasil dari diet yang anda jalani.
Buah langsat memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Salah satunya adalah serat. Serat yang terkandung di dalam buah langsat ini akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu jika anda mengalami sembelit, anda juga dapat mengkonsumsi buah langsat agar buang besar menjadi lebih lancar.

Semoga postingan admin tentang manfaat buah langsat kali ini dapat bermanfaat. Simak terus postingan-postingan admin berikutnya.

0 Response to "7 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan"