7 Tips Hidup Sehat Di Usia Remaja


     7 Tips Hidup Sehat Di Usia Remaja – Hallo sobat blogger. Usia remaja merupakan usia emas yang sangat menyenangkan bagi yang pernah mengalaminya. Seseorang bisa lebih produktif dan melakukan berbagai hal pada usia tersebut. Bekerja setiap hari atau bepergian kemanapun tidak akan merasa cepat capek maupun lelah. Sedikit sekali para remaja yang peduli akan kesehatannya karena berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras sepertinya sudah dianggap menjadi hal yang sudah biasa bagi mereka. Mulai sekarang pedulilah tentang tubuh anda. Lalu, apa saja tips tetap sehat di usia remaja atau muda?
     Sebagian besar remaja berpikiran bahwa berbagai penyakit akan datang menyerangnya, jika usia mereka sudah menginjak masa tua. Anggapan tersebut sebenarnya salah besar, karena ada bermacam-macam penyakit bisa mengancam tubuh saat usia remaja sekalipun. Saya kali ini akan memberikan beberapa tips tetap sehat saat seseorang menginjak usia remaja.
Berikut ini 7 tips tetap sehat di usia remaja atau muda : 
Tips Hidup Sehat Di Usia Remaja

1.       Stop Menjemur Tubuh Di Terik Matahari.
Menjemur tubuh di pagi hari dan terkena sinar matahari sangatlah baik untuk kesehatan. Akan tetapi melakukan hal tersebut di siang hari saat matahari terik pastinya akan berdampak yang buruk untuk kesehatan. Sinar matahari yang terik mengandung radikal bebas seperti sinar UV, jika terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan pelindung seperti tabir surya maka akan mengakibatkan terkena penyakit kanker kulit.
2.       Mengolahragakan Otak Anda.
    Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan otak yaitu dengan mengisi teka-teki silang maupun rajim membaca berbagai buku yang anda sukai. Ini unuk mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini yang melanda para remaja.
3.       Kontrol Pola Makan Anda.
    Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori cukup tinggi di tambah kurangnya aktivitas berolahraga yang cukup, dapat berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh anda. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang seorang remaja yang tidak mengontrol  pola makan dan jarang berolahraga.
4.       Melakukan Aktivitas Sehat
Melakukan aktivitas sehat yaitu dengan cara berolahraga secara teratur serta meninggalkan segala kebiasaan yang tidak menyehatkan, seperti kebiasaan minum minuman keras, kebiasaan merokok dan mengonsumsi narkoba. Kebiasaan buruk tersebut perlu dihindari untuk mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya nantinya.
5.       Menjaga Berat Badan
Tubuh yang terlalu gemuk atau yang disebut dengan obesitas, tentunya akan memberi ancaman bagi kesehatan. Pasalnya tubuh yang gemuk atau yang terlalu gemuk akan lebih rentan terhadap segala jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.
6.       Memenuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium
Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan kalsium. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan sayuran yang berwarna hijau, minum susu, dan terpapar sinar matahari di pagi hari.
7.       Memenuhi Asupan Omega 3 dan Asam Lemak
Kandungan omega 3 dan asam lemak banyak terdapat pada jenis ikan-ikanan, seperti ikan tuna, kod dan salmon. Mencukupi kebutuhan tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.


Sebuah penyakit tidak akan memandang, siapa orangnya dan berapapun usianya. Untuk itu sangat perlu menjaga kesehatan dengan melakukan kebiasaan yang sehat. Semoga artikel tentang tips agar tetap sehat di usia remaja ini bermanfaat.

0 Response to "7 Tips Hidup Sehat Di Usia Remaja"