29 Khasiat Buah Srikaya Bagi Kesehatan


Khasiat Buah Srikaya Bagi Kesehatan - Srikaya adalah tanaman buah yang memiliki nama latin Annona squamosa L. dan juga memiliki banyak sebutan. Di Indonesia saja, ada yang menyebutnya dengan serba bintang, delima bintang, seraikaya, serkaya, surikaya, srikoyo, sarikaya, sirikaja, garosi, hirikaya, dan sebagainya.
Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.
Karakteristik Buah Srikaya
 Memiliki daging buah berwarna putih. Jika buah srikaya sudah matang maka akan memilik rasa yang manis dan akan memilik biji berwarna hitam mengkilap.
·       -   Memiliki bentuk bulat. Kulit buah memiliki ciri khas – memiliki kulit dengan mata-mata (totol-totol) menyerupai benjolan-benjolan yang cukup banyak dan memenuhi kulit buah (hampir mirip buah sirsak).
·         - Memiliki bunga sebanyak 3-5 yang muncul di dalam tandan. Bunga-bunga dari srikaya masing-masing memiliki lebar berkisar 2 – 3 cm, dengan enam helai daun bunga atau kelopak, warnanya kuninh-hijau serta berbintik kecil berwarna ungu di dsaranya.
·        -  Umumnya berbetuk bulat dan sedikit mengerucut. Rata-rata buah srikaya memiliki diameter 5 – 10 cm.
·         - Mampu tumbuh di tanah kering, dan sama seperti pada umumnya tumbuhan maka srikaya juga membutuhkan sinar mataharai secara langsung.
·        -  Rata-rata akan berbuah normal pada saat sudah berusia kisaran 3 – 5 tahun.
·        -  Memiliki ketinggian berkisar 2 – 3 meter. Pohon srikaya memiliki warna keabu-abuan dan kulit pohonnya cukup tipis.
·         - Memiliki daun yang berselang-selang, lembing dan membujur dengan panjang berkisar antara 6 – 12 cm dan dengan lebar 3 – 4 cm.

Manfaat Akar dan Kulit Pohon Srikaya

Manfaat Akar:
·         Mengatasi sembelit,
·         Membantu proses penyembuhan disentri akut,
·         Meringankan depresi mental,
·         Menurunkan kadar nyeri tulang pada punggung.
Manfaat Kulit Pohon:
·         Mengobati diare,
·         Sebagai obat luar maka dapat digunakan untuk mengobati luka yang berdarah.

Manfaat Biji dan Daun Srikaya
Biji buah srikaya dapat digunakan untuk mengatasi:
·         Penderita pencernaan lemah,
·         Cacingan (biasa untuk anak), dan
·         Mematikan kutu kepala dan serangga.

Sedangkan daun srikaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi:
·         Cacingan, kutu kepala,
·         Menurunkan kadar asam urat dan darah tinggi,
·         Diare, disentri,
·         Reumatik,
·         Rectal prolaps yang terjadi pada anak-anak,
·         Batuk atau demam,
·         Untuk pemakaian luar, yaitu: untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.

Manfaat Buah Srikaya
1. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.
2. Sangat baik untuk pencernaan
Buah srikaya mengandung serat yang tinggi, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan pada manusia.

3. Mengontrol kadar gula darah

Buah srikaya memiliki banyak kandungan serat. Apabila Anda mengonsumsi 2 buah srikaya saja, maka Anda sudah memenuhi setengah dari kebutuhan serat harian tubuh. Tak hanya itu saja, konsumsi buah srikaya juga dipercaya bisa mencegah resiko terkena diabetes tipe dua.

4. Srikaya sebagai obat diare
Buah srikaya yang masih muda mampu mengobati diare, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

5. Mencegah asma

Srikaya adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang nantinya bisa digunakan untuk mencegah beberapa penyakit dan salah satunya ialah penyakit asma. Jadi apabila ada orang di sekitar Anda mengalami asma, sebaiknya Anda rekomendasikan dengan menggunakan buah srikaya ini.

6. Menurunkan tekanan darah

Buah srikaya memiliki kandungan potassium. Potassium inilah yang akan berperan untuk menurunkan tekanan darah. Potassium mampu mengontrol efek dari sodium yang ada pada tubuh.

7. Menjaga kesehatan jantung

Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B. Vitamin B itulah yang dapat mencegah berkembangnya homocystein. Homocystein adalah zat yang bisa menyebabkan stroke dan jantung koroner apabila jumlahnya besar. Untuk itu dengan adanya kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya akan membantu untuk mencegahnya.

8. Menjaga Kesehatan tulang dan gigi
Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

9. Menjaga persediaan kandungan Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh. Nah, dengan adanya riboflavin yang terdapat dalam buah srikaya akan bisa membantu untuk memantau apakah kebutuhan tubuh terhadap vitamin sudah terpenuhi atau tidak.

10. Membantu tubuh dalam menghasilkan energi

Srikaya memiliki kandungan thiamin. Thiamin adalah salah satu zat yang bisa membantu untuk mengubah gula menjadi energi. Jadi apabila Anda seharian lelah beraktivitas, bisa konsumsi bauh srikaya setelahnya.

11.Menjaga kesehatan kelenjar tyroid

Kelenjar tyroid merupakan kelenjar yang paling besar di dalam tubuh. Letaknya berada pada leher di bagian depan. Kelenjar tyroid bisa mengeluarkan enzim yang berperan bagi tubuh bernama tyroxine. Karena buah srikaya mengandung tembaga, maka akan membantu untuk menstimulasi kerjadi dari tyloid itu.

12. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Kandungan niacin yang ada dalam buah srikaya akan bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh kita.

13. Mencegah gangguan kehamilan

Folat ternyata adalah anggota dari vitamin B, atau biasa disebut dengan sebutan vitamin B9. Kandungan folat tersebut akan membantu untuk mencegah terjadinya cacat bagi janin dari ibu hamil.

Ada cukup banyak ya manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh kita dan mengobati penyakit. Selain buah rasanya manis dan lezat ternyata menyimpan banyak khasiat. Namun selain kandungan bermanfaat yang ada dalam srikaya, terdapat juga racun yang tentunya tidak baik untuk tubuh manusia. Racun itu disebut annonain dan resin , racun tersebut paling banyak berada pada biji buah srikaya. Mengacu pada tiga point dalam catatan penting, maka sangat disarankan atau diwajibkan untuk adanya pendampingan dan pengawasan dari para herbalis yang perofesional di bidangnya, dalam proses pengolahan dan menggunakan olahan srikaya baik itu daun, biji, kulit pohon, akar hingga buah sebagai obat herbal. Hal ini tentu demi kebaikan sesama.



*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share.

0 Response to "29 Khasiat Buah Srikaya Bagi Kesehatan"