12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor merupakan tanaman yang berasal dari suku Moringanceae, dengan nama latin Moringa Oleifera. Biasanya tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah yang mempunyai cukup air dengan ketinggian sekitar 300-900 meter, tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai 8 meter dan mempunyai daun berbentuk bulat telur.
Sebagian besar masyarakat tentunya pernah mendengar ungkapan bahwa, “Dunia tak selebar daun kelor” hal tersebut memang benar adanya karena tanaman ini mempunyai ukuran daun yang kecil namun di balik ukurannya yang kecil, daun ini mempunyai segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.  
Selain dikonsumsi untuk sayuran, daun ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi tinggi seperti, vitamin A, vitamin C dan kandungan potassium, semua kandungan di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tubuh serta berguna untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor :
1. Menjaga Berat badan 
Tren modern saat ini adalah agar tubuh tetap ramping dan langsing. Oleh karena itu, untuk menjadi langsing, seseorang dapat mencoba cara yang lebih sehat. Studi mencerminkan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Efeknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.
2. Menyediakan energi 
Secangkir teh daun kelor setiap pagi bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.
3. Menyediakan nutrisi 
Selain sebagai minuman bergizi untuk seluruh tubuh, teh daun kelor juga memiliki peran penting dalam memelihara otak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.
4. Membantu Pencernaan 
Daun kelor mempromosikan pencernaan makanan yang merupakan bantuan yang tepat terhadap masalah perut.
5. Meningkatkan Fungsi Ekskresi 
Seduhan teh daun kelorjuga membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh dianggap bugar dan sehat hanya jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal.
6. Menyehatkan Rambut 
Pertumbuhan rambut menjadi hidup, mengkilap, mengkilap dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi hadir dalam teh ini meningkatkan pertumbuhan rambut.
Teh daun kelor ini dapat disiapkan dengan mudah di rumah. Hanya perlu memetik daunnya sudah tua dari cabang-cabangnya. Daun hijau harus dikumpulkan bukan yang kuning, kemudian pilihlah daun segar terbaik dari kotorannya. Pengeringan di udara adalah langkah berikutnya, namun pengeringan dengan sinar matahari tidak dianjurkan karena mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Daun teh kelor yang kering kemudian ditumbuk dan dapat disimpan.
7. Mencegah Penyakit Jantung
Sebuah studi pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bermanfaat mencakup manusia.
8. Mencegah Kanker
Kandungan sumber antioksidan tinggi yang terdapat di dalamnya mengandung banyak potassium sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.
9. Mengatasi Diabetes
Daun ini dapat dijadikan sebagai insulin alami yang berguna untuk mengatasi dan mencegah resiko terkena diabetes dengan cara mengurangi kandungan kadar gula di dalam darah.
10. Bantuan Arthritis
Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, menurut sebuah studi yang muncul di edisi Februari 2011 dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.” Dalam studi hewan laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.
11. Mengobati Rematik
Daun kelor mempunyai sifat diuretik alami yang berguna untuk mengurangi rasa sakit di persendian serta dapat mengurangi penumpukan asam urat sehingga daun ini bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi penyakit rematik dan asam urat. 
12. Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi rebusan daun kelor berguna untuk menyembuhkan penyakit mata dengan cara dibasuhkan pada bagian mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.

Efek Samping Akar Kelor
Daun kelor memungkinkan aman ketika diminum dan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan biji-bijian mungkin aman bila dimakan sebagai makanan. Namun, penting untuk menghindari memakan akar. Bagian tanaman yang dapat mengandung zat beracun dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah daun kelor aman bila digunakan dalam jumlah obat.
Kelor kemungkinan tidak cocok untuk ibu hamil karena bahan kimia dalam akar, kulit kayu, dan bunganya dapat membuat kontrak rahim dan ini dapat menyebabkan keguguran. Tidak ada cukup informasi yang tersedia tentang keamanan dalam menggunakan bagian lain dari kelor selama kehamilan. Daun kelor terkadang juga digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut, namun balum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah aman untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang terbaik adalah untuk menghindari daun kelor saat sedang hamil atau menyusui.


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share

0 Response to "12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh"