Manfaat Buah Arbei

Manfaat Buah Arbei

Manfaat Buah Arbei - Arbei (Fragaria vesca) sering dikenal sebagai strawberi alpin atau strawberi kecil. Arbei bisa berwarna merah atau putih tergantung pada varietas.

Kandungan buah arbei
Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gram arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 g, lemak 0,5 mg, karbohidrat 8,3 g, asam folat 30 mcg, kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, vitamin A 60 SI (Satuan Internasional), vitamin B1 0,003 mg, dan air 89,9 g.

Beberapa Manfaat buah arbei adalah sebagai berikut :

1. Mengobati Sariawan
Arbei merupakan sumber vitamin dan mineral yang mampu menghasilkan sumber tenaga. Sumber vitamin yang ada pada buah arbei adalah manfaat vitamin C dengan kadar 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian vitamin C, sehingga penyakit yang membutuhkan penyembuhan seperti sariawan pun dapat terobati.

Caranya sendiri cukup mudah, yakni hanya dengan mengkonsumsi buah arbei tersebut sebanyak 10 gr yang sebelumnya telah dicuci terlebih dahulu.

2. Melawan Kanker
Kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah arbei merupakan manfaat antioksidan, ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker. Bagi yang mengkonsumsi buah arbei ini, tidak akan mudah terserang kanker.

3. Mengobati Tumor
Peneliti dari Australia menemukan bahwa buah arbei langka yang berada di ujung utara negara bagian Queensland adalah obat tumor yang mampu dikembangkan. Senyawa buah arbei ini bisa mematikan tumor kepala dan leher serta benih tumor itu sendiri. Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah dan kemudia mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor. Tak ada efek samping sama sekali, justru senyawa itu bekerja lebih cepat dari yang telah diduga sebelumnya.

4. Mengobati Maag
Meski buah arbei memiliki vitamin C dan rasanya asam, namun vitamin C ini tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung. Jadi, bagi siapapun yang menderita maag, dapat dengan tenang jika mengkonsumsi buah arbei ini. Cara penggunaannya cukup dengan mengolah buah arbei tersebut menjadi sebuah jus hingga akhirnya diminum.

5. Melawan Penyakit Tifus
Tifus merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus, dan ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk mencegah penyakit ini, maka manfaat buah arbei adalah salah satu solusinya agar tubuh dapat terbantu dalam melawan penyakit infeksi bakteri tifus itu sendiri.

6. Menangkal Penyakit Hati
Penyakit hati yang umumnya dikenal dengan penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan alkohol maupun obat-obatan. Mulailah mengkonsumsi buah arbei, maka penyakit gangguan hati ini akan berhasil ditangkal. Hal ini dikarenakan, manfaat buah arbei memiliki kandungan flavonoida yang juga berasal dari tumbuhan Silybum Marianum L.

7. Meringankan Gejala Diare
Buah arbei memiliki kandungan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diare. Selain itu, buah ini juga mampu melancarkan pencernaan dan mampu mengobati penyakit perut. Sejumlah buah-buahan lain juga sangat baik bagi pencernaan.

Sebagian besar buah berry mengandung antioksidan (vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan E), oleh karena itu, buah berry sangat penting untuk kekebalan tubuh karena dapat menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawaba atas gangguan dalam tubuh. Buah berry dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat berry mampu membersihkan tubuh secara mendalam dan menunda proses penuaan. Arbei juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk menghasilkan sumber tenaga. Arbei sekaligus kaya akan vitamin C, yaitu 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian.

0 Response to "Manfaat Buah Arbei"